Pendapat

Belajar IPA Sambil Bermain di Masa Pandemi

Oleh : Roviqoh Nur Safitri

Mahasiswi Universitas Muhammadiyah Purworejo

BANYAK sekali cara yang digunakan oleh para guru untuk meningkatkan motivasi belajar apalagi di saat pandemi seperti ini.

Pandemi Covid-19 ini memberikan banyak dampak. Salah satunya adalah pada bidang pendidikan. Pendidikan berperan penting dalam mempersiapkan peserta didik menghadapi masa depan. Maka dari itu kita sebagai calon guru harus mampu menciptakan suasana belajar yang tidak membosankan dan mudah dipahami oleh peserta didik.

Salah satunya adalah dengan cara bermain sambil belajar.

Menurut KBBI, bermain adalah suatu kegiatan yang dilakukan untuk menyenangkan hati (dengan menggunakan alat tertentu atau tidak) yang bersifat spontan, fleksibel dan sukarela.

Alat atau media yang digunakan dalam bermain disebut permainan. Sedangakn definisi dari belajar itu sendiri adalah sebuah proses perubahan tingkah laku manusia.

Baca Juga:  Rute Baru Cafe on the Bus Purworejo, Gunung Kidul & Kiyai Langgeng Magelang

Dari penjelasan tersebut dapat kita simpulkan bahwa bermain sambil belajar adalah aktivitas bermain yang menyisipkan materi yang mengandung pengetahuan. Jadi guru harus mampu memberikan kesan atau motivasi untuk peserta didik yaitu dengan cara bermain sambil belajar. Salah satu contohnya adalah belajar IPA dengan media permainan berupa permainan Ludo.

Pemainan Ludo dapat dibuat sebagai media pembelajaran yang efektif,karena sifat permainan ini sederhana dan menyenangkan dapat membuat peserta didik antusias bermain.

Menurut Kristiani (2015:101) Ludo adalah permainan yang dimainkan oleh dua sampai empat oran,dimana masing-masing pemain menggunakan bidak dengan warna yang berbeda dengan tujuan mencapai finish.

Permainan Ludo ini diharapkan dapat meningkatkan minat peserta didik dalam belajar. Permaianan ini mudah dilakukan dan didalamnya terdapat soal Sekolah Dasar Kelas 5 tentang Rangka Manusia.

Baca Juga:  Tampil Cantik dengan Sanggul Kreatif Karya SMKN 3 Purworejo

Permainan ini adalah sebagai media pembelajaran peserta didik Sekolah Dasar yang dapat memotivasi anak untuk belajar. Tidak hanya itu permainan tersebut dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak usia dini 5-6 tahun. Menurut Yuliani (2006) bahwa kempuan kognitif adalah suatu proses berfikir yaitu kemampuan individu untuk menghubungkan,menilai dan mempertimbangkan suatu kejadian atau peristiwa.

Media permainan Ludo ini merupakan pengembangan dari permainan Ludo yang di modifikasi yaitu dengan cara jika pion berada di posisi bintang,maka akan mendapatan soal. Jika jawabnnya salah,pion tersebut harus kembali ke rumahnya.

Seluruh tujuan pembelajaran yang terangkum pada permainan Ludo itu disebut dengan bermain sambil belajar. Bagi anak,secara tidak sadar bahwa mereka belajar yaitu belajar dari permainan yang telah mereka lakukan.

Baca Juga:  Eksistensi Pancasila di Era Milenial

Seperti yang dilakukan pada waktu lalu pada tanggal 24 Desember 2020 seorang mahasiswi Universitas Muhammdiyah Purworejo melakukan pendampingan belajar IPA pada siswa kelas 5 SD yang materinya tentang Rangka manusia siswa kelas 5 SD. Pembelajaran tersebut dilakukan dirumah menggunakan permainan Ludo untuk mengisi waktu liburan semester.

Ternyata dengan permainan tersebut peserta didik lebih senang dan mudah memahaminya. Demikianlah sedikit ulasan ini,semoga bermanfaat.(*)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

Berpikir untuk Merdeka

Arsip

Copyright © 2015 Flex Mag Theme.Powered by suluh.co

To Top