Pendapat

Pandemi jadi Tantangan Tingkatkan Minat Belajar

Oleh : Ananda Suci Kosasih

Mahasiswi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Muhammadiyah Purworejo

PADA masa pandemi Covid-19 banyak dampak yang ditimbulkan salah satu kendala yang di hadapi yaitu khususnya dalam bidang pendidikan saat ini.

Seperti yang sudah diketahui bahwa penyebaran virus Covid- 19 ini terus mengalami peningkatan, oleh karena itu untuk mencegah penyebaran virus ini maka pemerintah telah menerapkan sistem social distancing atau mencegah adanya kerumunan dengan cara membatasi ataupun menutup kegiatan belajar mengajar di sekolah.

Pemerintah telah menerapkan kebijakan yaitu dengan menerapkan strategi pembelajaran secara daring. Pendampingan bagi anak khususnya di masa pandemi ini adalah salah satu cara yang saya lakukan guna mencegah penyebaran virus tersebut.

Baca Juga:  Hilangnya Peran Negara Terhadap Terhadap Pemenuhan Hak Pekerja di Masa Pandemi Covid-19

Dalam hal ini adanya peran guru serta orang tua sangat penting dalam pembelajaran anak di masa pandemi. Untuk itu perlu adanya kegiatan belajar di rumah agar anak-anak tidak merasa bosan dengan menggunakan permainan edukatif.

Permainan edukatif adalah permainan yang memiliki unsur mendidik yang berfungsi meningkatkan kecerdasan, ketrampilan, dan ketangkasan anak. Permainan edukatif ini dapat berupa permainan menggunakan Ular tangga, Flashcard, Monopoli, dan sebagainya.

Media yang digunakan pun cukup sederhana dengan menggunakan media yang ada di lingkungan sekitar rumah. Dalam menggunakan media pembelajaran saya juga harus pandai dalam memilih jenis media apa yang cocok digunakan dalam pembelajaran tersebut.

Seperti yang saya lakukan saat ini terhadap anak-anak yang berada di lingkungan tempat tinggal saya yang mayoritas masih duduk di bangku sekolah dasar.

Baca Juga:  Pancasila di Era Digital

Melalui media pembelajaran IPA saya menggunakan media yang praktis serta mudah didapatkan, seperti : kertas origami, syterofoam, gelas plastik dan media nyata yang berada di lingkungan sekitar tempat tinggal.

Misalnya tumbuhan untuk mendukung pembelajaran tersebut. Dalam media pembelajaran IPA ini membuat game/permainan, seperti; menyusun kata untuk menebak nama-nama hewan menggunakan media berupa kertas origami yang dipadukan dengan Styrofoam.

Melalui media ini anak-anak akan lebih tertarik untuk memainkannya. Kemudian game menebak bentuk tulang daun dengan menggunakan media daun sebagai media utamanya serta untuk menebak jenis-jenis bentuk akar menggunakan media ular tangga dimana didalam ular tangga tersebut berisi soal dan gambar yang akan menguji pemahaman materi mereka.

Baca Juga:  Mendambakan Keadilan Sosial

Pembelajaran dengan menggunakan permainan edukatif seperti ini tentunya banyak memberikan manfaat salah satunya membuat anak-anak lebih aktif dan antusias dalam belajar, menumbuhkan rasa percaya diri, serta menjadikan pembelajaran lebih menyenangkan.(*)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

Berpikir untuk Merdeka

Arsip

Copyright © 2015 Flex Mag Theme.Powered by suluh.co

To Top